Beginilah cara kerja Folic Acid dalam program hamil

MANFAAT FOLIC ACID (AS FOLATE)

Asam Folat (Folic Acid) yang dikenal juga dengan nama Folate atau Folacin BUKAN OBAT PENYUBUR melainkan suplemen dengan kadar vitamin tertentu yang secara medis membantu meningkatkan peluang hamil.

“Apa Manfaat Folic Acid Untuk Masalah Kesuburan?”
Folic Acid mengandung vitamin B6 yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesuburan. Manfaat untuk istri dan juga manfaat untuk suami.

BAGI ISTRI :
Folic Acid membantu meningkatkan peluang hamil dengan cara memperkuat sel telur. Sudah banyak kasus terjadi di masyarakat yaitu ketika istri dan suami dinyatakan sehat oleh dokter tapi tak kunjung berhasil dalam menjalankan program hamil. Dalam kasus seperti ini, faktor kualitas sel telur sangat mempengaruhi. Folic Acid juga memiliki satu keunggulan yang spesial sekali. Yaitu tidak cuma meningkatkan peluang hamil, tapi juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil untuk mencegah cacat bayi.

BAGI SUAMI:
Pada bulan Maret 2002, sebuah hasil penelitan yang dilakukan di Nijmegen, Belanda menunjukkan fakta bahwa pria yang mengkonsumsi Folic Acid berhasil meningkatkan volume sperma hingga 74%.
Dengan meningkatnya volume sperma, tentunya otomatis peluang hamil meningkat.

“Tapi apakah cuma kuantitas saja? Bagaimana dengan kualitas sperma?”

Tidak hanya volume/kuantitas sperma saja. Masih berdasarkan penelitian yang sama, para peneliti menemukan fakta bahwa Folic Acid mampu meningkatkan kualitas sperma dengan cara menurunkan jumlah sperma yang tidak normal sampai berjumlah sekitar 4% saja.

“Mengapa kualitas sperma begitu penting?”
Kualitas sperma sangat penting untuk proses pembuahan sel telur. Sperma yang kualitasnya buruk akan sulit membuahi sel telur. Walaupun sperma tersebut bisa membuahi, dikhawatirkan bisa menyebabkan cacat bayi dan penyakit lain pada bayi seperti Down Syndrome.

Kandungan Folic Acid bisa Anda dapatkan lewat beberapa jenis makanan. Jenis-jenis makanan apa sajakah yang kaya akan kandungan Folic Acid? Banyak sekali.

“Apakah asupan Folic Acid dari makanan sudah cukup?”
Bila Anda benar-benar konsisten untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung Folic Acid selama berbulan-bulan dan bisa memastikan bahwa jumlah Folic Acid yang Anda makan sudah mencukupi, maka Anda bisa menunda mengkonsumsi supplemen Folic Acid. Tapi kenyataannya tidak demikan. Seringkali pasangan suami istri tidak punya banyak waktu untuk mengatur menu makanan setiap harinya. Belum lagi untuk suami istri yang sibuk bekerja, lebih sering makan di luar. Bila Anda berada dalam situasi yang tidak memungkinkan seperti ini, maka Anda SANGAT DISARANKAN untuk mengkonsumsi supplemen Folic Acid.

Jika Anda sedang hamil, atau sedang berencana untuk hamil, Anda perlu folic acid (vitamin B9) untuk sejumlah alasan. Folic acid membantu mencegah Neural Tube Defects (NTDs)-cacat lahir serius di tulang belakang (seperti spina bifida) dan otak (seperti anencephaly). Neural Tube Defects terjadi di tahap sangat awal pada perkembangan janin, bahkan sebelum menyadari bahwa mungkin mereka hamil.

Perempuan yang minum folic acid setiap hari dengan teratur, sebulan sebelum konsepsi dan selama trimester pertama dari kehamilan mengurangi risiko untuk bayi mengalami NTD antara 50 sampai 70 persen. Beberapa riset mengatakan bahwa folic acid mungkin membantu mencegah risiko lain cacat bawaan seperti bibir sumbing, dan kelainan jantung tipe tertentu.

Tubuh Anda memerlukan folic acid untuk membuat sel-sel darah merah normal dan mencegah anemia. Folic acid juga penting untuk produksi, memperbaiki, dan memfungsikan DNA, peta genetika kita dan bangunan dasar sebuah sel. Jadi, mendapatkan asupan folic acid yang cukup adalah penting untuk pertumbuhan sel yang cepat dari plasenta dan pertumbuhan bayi Anda. Minum multivitamin dengan folic acid mungkin menurunkan risiko preeclampsia, gangguan kompleks yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan bayi Anda.

Untuk menurunkan risiko bayi dari berkembangnya NTD, para ahli menyarankan HARUS mengkonsumsi 400 micrograms (mcg) folic acid per hari, dimulai setidaknya sebulan saat Anda berusaha untuk hamil.

Pembuluh otak-dimana tulang belakang bayi dan otaknya berkembang – mulai terbentuk sekitar tiga minggu setelah konsepsi, maka sangat penting untuk minum folic acid setiap hari sebelum konsepsi dan selama trimester pertama kehamilan.

Perempuan yang kegemukan lebih mungkin untuk melahirkan bayi dengan NTD meski alasan ini masih tak dapat dijelaskan. Jika kelebihan berat badan, temui dokter Anda saat persiapan hamil. Ia mungkin akan menyarankan untuk minum folic acid lebih dari 400 mcg per hari.

Perempuan penderita diabetes atau minum pengobatan antisizures juga mungkin akan melahirkan bayi dengan NTD. Jika Anda berada dalam salah satu situasi itu, temuilah dokter setidaknya sebulan sebelum Anda berusaha untuk hamil. Dokter akan memberi saran seberapa banyak folic acid yang harus Anda minum dan untuk memantau kesehatan Anda secara umum.

Bahkan untuk vegetarian, supplemen Folic Acid SANGAT DISARANKAN karena seringkali asupan Folic Acid yang didapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Folic Acid perlu Anda konsumsi tidak hanya untuk meningkatkan PELUANG HAMIL, tetapi juga untuk mempersiapkan bayi yang sehat dalam proses kehamilan Anda nanti